Saturday 8 December 2012

Soal Latihan Dinamika Partikel

Dinamika partikel merupakan salah satu bab pada mata pelajaran Fisika SMA yang membahas tentang hukum-hukum Newton. Nah kali ini saya akan mengeshare mengenai soal-soal latihan Dinamika Partikel.

Macam-macam Gaya Dalam Dinamika Partikel

1) Gaya
Gaya mempunyai arah dan besar. Kita mengerjakan suatu gaya misal apabila mendorong atau menarik suatu benda. Gaya dapat dinyatakan dalam bentuk garis yang bertanda panah pada ujungnya yang merupakan arah dari gaya tersebut sementara itu panjang garis menyatakan besar gaya tersebut. Satuan gaya adalah Newton (N) atau kg.m/s2.

2) Gaya Gravitasi
Gaya Gravitasi merupakan gaya yang menyebatkan terjatuhnya benda menuju permukaan bumi dimana benda jatuh dengan percepatan sebesar 9.8 m/s2. Gaya yang menyebabkan percepatan ini dikenal dengan istilah gaya gravitasi (FG).

3) Gaya Normal
Gaya Normal adalah gaya yang disebabkan adanya dua benda yang saling bersentuhan. Arah dari gaya normal adalah tegak lurus terhadap bidang permukaan yang bersentuhan. Besarnya gaya normal dipengaruhi oleh faktor berupa besarnya tekanan terhadap bidang singgung

4) Gaya Gesek
Gaya Gesek merupakan gaya yang timbul ketika sebuah benda diluncurkan atau digerakkan sehingga mengakibatkan kecepatan benda tersebut berkurang dan pada akhirnya akan berhenti. Arah gaya gesek tentu berlawanan dengan arah gerak benda.

Silahkan Didownload buat Belajar Kalian


Terima kasih...

Facebook Twitter Google+

 
Back To Top