Thursday 29 October 2015

Tips Cara Membuat Curriculum Vitae yang Baik

Cara membuat Curriculum Vitae yang baik dan benar - Bagi mereka yang baru lulus kuliah atau fresh graduate pasti ingin mengetahui bagaimana cara membuat curiculum vitae yang baik dan benar. Memahami cara membuat CV harus diketahui apabila ingin melamar suatu pekerjaan. CV yang terbaiklah yang lolos seleksi dari beribu-ribu CV yang  melamar suatu pekerjaan.
 
Menulis CV atau Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup adalah cerminan dari kepribadian kita. Selain itu, menulis CV sebaiknya juga memperhatikan kerapian, kebersihan dan keselarasan CV kita dengan posisi yang ingin kita lamar. Tujuannya agar pihak penyeleksi dapat melihat hubungan yang serasi dengan CV yang kita buat dan posisi yang kita lamar.


cara membuat curriculum vitae yang baik dan benar
 
Apabila saat ini anda ingin belajar membuat daftar riwayat hidup yang berkesan dan unik, silahkan dilihat tips yang akan kami berikan di bawah ini.

1) Jangan Hanya Terfokus Pada Pekerjaan
Mengapa kami memasukkan jangan terlampau berfokus pada pekerjaan menjadi poin pertama dalam cara membuat CV yang baik? hal ini didasari dengan paradigma yang selama ini berkembang bahwa membuat CV tujuannya dapat bekerja di suatu perusahaan. Padahal anda harus membuat CV yang unik dan tanamkanlah tujuan membuat CV ini untuk memberikan kesan yang berbeda dari pelamar yang lain.

2) Out of The Crowd

Yap, anda harus menampilkan sisi unik anda dari beribu-ribu CV yang lainnya. Apabila anda ingin fokus untuk menampilkan hal yang berbeda maka kita akan berusaha bagaimana caranya membuat usaha kreatif dan sistematis agar employer tertarik ingin mengenal kita lebih jauh. Jadi, buanglah fokus hanya sekedar mendapatkan pekerjaan namun tidak memberikan hal-hal yang dapat menarik perhatian employer.

3) Tulislah Pengalaman dan Ketrampilan yang Relevan

Langkah selanjutnya adalah pastikan bahwa anda membuat resume sesuai dengan pengalaman dan keterampilan anda. Selain itu, sesuaikan juga dengan jabatan yang ingin anda lamar. Kesesuaian posisi yang ingin anda lamar dan pengalaman serta keterampilan anda akan membuat perusahaan yakin bahwa anda benar-benar orang yang cocok di bidang tersebut.

4) Tampil Seprofesional Mungkin
Anda harus memberikan CV yang profesional dengan jabatan tersebut. banyak hal yang diperhatikan dalam membuat CV agar terlihat profesional seperti memperhatikan jenis kertas, jenis tulisan dan jenis font. Misalnya untuk anda yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan formal usahakan untuk menggunakan kertas yang formal dan penulisan yang formal juga. Jangan sesekali menggunakan kertas bewarna merah muda untuk posisi akuntan dan semua perusahaan yang berbudaya formal.
 
***
Semua cara membuat curriculum vitae yang baik dan benar ini adalah informasi yang dapat anda pelajari dan anda pahami. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.

 
Facebook Twitter Google+

 
Back To Top