Saturday, 14 November 2015

5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Untuk Perusahaan

Perusahaan manapun pasti memandang surat lamaran atau cover letter terlebih dahulu dalam sebuah dokumen lamaran. Hal ini dianggap sangat penting karena surat lamaran adalah hal paling utama yang dibaca. Oleh sebab itulah, anda ketika ingin membuat surat lamaran kerja harus tahu dahulu bagaimana tips menulis surat lamaran kerja untuk perusahaan yang baik dan benar. Inilah 5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja atau Cover Letter

1.    Harus rapi dan bersih

Sebaiknya anda harus menulis lamaran kerja dengan rapi dan bersi, bila perlu anda dapat memanfaatkan komputer dalam menulis surat lamaran kerja. Dengan begini nantinya anda dapat menulis surat dengan lebih rapi.

2.    Perhatikan isi surat lamaran

Membuat lamaran kerja juga harus diperhatikan isi surat lamaran tersebut. Misalnya, sebutkan awal dimana anda mendapatkan informasi tersebut, jelaskan pekerjaan anda sekarang dan pencapaian yang pernah anda dapat. Tujuannya agar perusahaan tahu bagaimana kemampuan dan kompetensi anda. Jangan lupa juga untuk menjelaskan latar belakang pendidikan anda dan tulislah pendidikan tertinggi. Terakhir jangan lupa memberikan kalimat penutup dan jelaskan bahwa anda menginginkan bergabung di perusahaan tersebut.

3.    Kesan individual

Apabila anda berencana mengirim lamaran kerja maka pastikan bahwa anda menuliskan nama perusahaan tersebut dengan benar di lamaran anda. selain itu, tuliskan juga nama perusahaan tersebut pada lamaran anda. Apabila anda mengirim lamaran kerja untuk seseorang maka tuliskan juga nama dan jabatan orang tersebut dengan spesifik. Jika anda melihat contoh surat di internet atau MS word yang menyediakan banyak template atau contoh surat lamaran maka jangan hanya sekedar mengkopi contohnya namun anda juga harus merubah sesuai dengan keperluan anda.

4.    Singkat dan padat

Pastikan anda membuat surat dengan singkat dan padat serta jangan bertele-tele. Selain itu, gunakan juga bahasa yang mudah dipahami. Jangan menggunakan kata-kata yang sulit dipahami oleh pembaca, serta jangan menulis surat lamaran lebih dari satu halaman karena surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

5.    Proof read

Proof read adalah istilah untuk anda agar membaca kembali tulisan sebelum dikirim ke perusahaan. Pastikan anda tidak memiliki kesahalah pengejaan, tidak ada kata pengulangan dan tata bahasa yang tidak sesuai. Tanpa anda sadari kesalahan dalam ejaan saja dapat menyebabkan anda kehilangan kesempatan untuk memperoleh pekerjaan. Perhatikan penulisan, kebersihan dan isi surat lamaran anda agar lamaran berkesan dan enak dibaca oleh pihak perusahaan. jika lamaran anda sudah berhasil memberikan kesan positif, maka langkah selanjutnya anda akan dipanggil, sebab perusahaan akan penasaran dengan karakter dan kinerja anda. 

Semoga informasi yang kami berikan mengenai tips menulis surat lamaran kerja ini bermanfaat dan membantu. 

Baca juga artikel kami lainnya :
  1. Kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja
  2. Tips menulis surat lamaran kerja agar diterima
  3. Contoh surat lamaran kerja yang baik dan tepat


Facebook Twitter Google+

 
Back To Top